FACEBOOK

FACEBOOK

Facebook adalah jejaring sosial yang menghubungkan orang-orang yang memakainya melalui berbagai fasilitas.

Facebook mulai masuk di kalangan masyarakat pada tanggal 4 Februari 2004, dan didirikan oleh Mark Zuckerberk, yang merupakan seorang Mahasiswa Harvard kelahiran14 Mei 1984. Ia memperoleh kekayaannya sekarang mencapai $ 1, 5 Billion atau sekitar Rp 13,95 triliun, atau Rp. 13.950.000.000.000,00.

Pertumbuhan Facebook sangat pesat di Indonesia pada tahun 2008. Peningkatan pesat pengguna Facebook di Indonesia salah satunya dipicu mudahnya penggunaan akses Facebook menggunakan telepon selular/handphone. Terlebih lagi bagi orang/pengguna yang sudah meletakkan fitur Facebook sebagai fitur standar atau favorit dari beberapa merk telepon selular diantaranya peningkatan pesat penggunaan merk BlackBerry.

Jumlah account di Facebook terus melonjak, sehingga pada pertengahan 2004 Friendster mengajukan tawaran kepada Zuckerberg untuk membeli  Facebook seharga 10 juta US Dollar, dan Zuckerberg pun menolaknya. Zuckerberg sama sekali tidak menyesal menolak tawaran tersebut sebab tak lama setelah itu Facebook menerima sokongan dana lagi sebesar 12.7 juta US Dollar dari Accel Partners. Dan semenjak itu sokongan dana dari berbagai investor terus mengalir untuk pengembangan Facebook.

Berikut merupakan Statistik Facebook yang bersumber dari http://id.wikipedia.org :

Pertumbuhan pengguna Facebook di Indonesia tahun 2008 adalah 645% menjadi 831.000 pengguna di akhir tahun, menjadi negara dengan tingkat pertumbuhan pengguna tertinggi di Asia

September 2009 pengguna Facebook di Indonesia telah mencapai 8.520.160 dengan pengguna baru 8.23juta orang bergabung dalam 12 bulan terakhir

Oktober 2009 pengguna Facebook di Indonesia mencapai 9.713.580 pengguna, negara ketiga tercepat tumbuhnya di Asia setelah Filipina dan Taiwan dalam sebulan terakhir

November 2009 pengguna Facebook di Indonesia tumbuh pesat kembali dalam 1 bulan terakhir menjadi 12.189.100 pengguna dan tumbuh paling pesat se Asia dalam 1 bulan terakhir

Desember 2009 pengguna Facebook di Indonesia masih paling tinggi mencapai 13.870.120 pengguna, tertinggi di Asia baik dalam jumlah maupun tingkat pertumbuhan

Maret 2010 pengguna Facebook di Indonesia mencapai 19.094.640 pengguna, tetap tumbuh tinggi di dunia

April 2010 pengguna Facebook di Indonesia mencapai 21.195.800

Tetapi Facebook memiliki sisi positif dan negatif. Sisi positif dan negatifnya adalah kita dapat berkomunikasi dan bersosialisasi dengan teman dan orang yang kita kenal maupun tidak kenal sekalipun,  akan tetapi dengan adanya hal tersebut banyak terjadi kontroversi seperti penculikan yang bermula berkenalan lewat Facebook, MUI (Majelis Ulama Indonesia) menyatakan Facebook haram, dan mungkin masih banyak yang akan berlangsung.

Banyak juga orang-orang yang menggunakan Facebook secara berlebihan yang berdampak buruk. Sebagai contoh anak di bawah umur yang menggunakan Facebook dan memainkan game dan juga berbagai aplikasi permainan kemudian memaikannya berjam-jam tanpa belajar.

Facebook juga dapat mengiklankan berbagai produk serta iklan bagi para donatur yang menyumbang untuk Facebook. Dengan demikian Facebook dapat dinilai dari sisi penggunaannya. Jadi Facebook dapat memberikan nilai yang negatif ataupun  positif.

~ oleh Tho2x pada 15 April 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: